Friday, October 19, 2018

PENCARIAN

PEMBEKALAN CPNS OLEH MENTERI HUKUM DAN HAM DI LINGKUNGAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA TIMUR

 

 

Pagi ini, 26 Februari 2018 bertempat di Gedung Graha ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) telah berlangsung Pembekalan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur oleh Menteri Hukum dan HAM Bapak Yasonna H. Laoly.



Acara tepat dibuka pada pukul 09.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kemenkumham yang diikuti oleh seluruh jajaran Pejabat Struktural Kementerian Hukum dan HAM serta CPNS.

Banyak pesan yang beliau sampaikan bagi para CPNS untuk tidak menyiakan kesempatan yang telah diperoleh saat ini, karena mereka telah diterima dengan bersih. Ada tiga tahapan yang diterapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dalam melaksanakan seleksi penerimaan CPNS ini yaitu Baik, Bersih, dan Transparan. Tidak ada pungutan sama sekali dalam proses seleksi ini. Proses seleksi ini juga menjadi sebuah benchmark untuk Kementerian dan Lembaga lain dan hal ini juga menjadi sebuah prestasi.

 

Bapak Yasonna menekankan kepada para CPNS untuk harus terus bersih dengan mengatakan dengan penuh semangat, “Kamu harus terus bersih , You’re the winner and keep winning. Buat Kemenkumham menjadi lebih baik dengan kehadiran kita.”

Bapak Yasonna juga meminta kepada para Kepala UPT, Kepala Lapas, Kepala Kantor Imigrasi untuk mendidik para CPNS menjadi PNS yang memiliki integritas. Ada tiga pesan utama yang beliau sampaikan untuk menjadi seorang CPNS yaitu:

 

  1. Harus memiliki kecerdasan intelektual
  2. Harus memiliki energi untuk bekerja dengan memberkan sesuatu yang besar
  3. Harus memiliki integritas
Sebagai seorang CPNS yang masih harus belajar, mereka harus menjauhkan diri dari tindakan yang tidak terpuji dan yang lebih utama adalah menjauhi narkoba. Maka dari itu, Beliau berharap ketika melihat dan menemui hal-hal yang dianggap tidak benar seperti narkoba, pungutan liar, penyelundupan dsb  segera laporkan.
Bapak Yasonna mengatakan jangan pernah menyiakan kepercayaan negara yang telah diberikan kepada mereka dengan tidak berbesar kepala dan selalu rendah hati. Mereka harus selalu bersyukur dengan apa yang telah mereka dapat saat ini.

 

Para CPNS juga harus mempunyai komitmen, disiplin tinggi, dan juga konsistensi untuk mencapai tujuan dan juga cita-cita dalam hidup.

Terakhir dan yang utama Beliau mengatakan, “Put God first in your life” untuk para CPNS dalam menghadapi hidup dan tidak pernah melupakan jasa orang tua.

status-permohonan