Wednesday, August 22, 2018

PENCARIAN

Pelayanan Paspor Mobile Bagi CJH Tahun 2018 Di Lingkungan Kementerian Agama Kota Surabaya

Pelayanan kegiatan Mobile Haji tahun 2018 telah dilaksanakan untuk wilayah Kota Surabaya yang bertempat di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya. Kegiatan pelayanan penerbitan paspor bagi Calon Jamaah Haji Tahun 1439 H / 2018 M tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada Senin – Rabu, tanggal 5-6 Maret 2018. Pelayanan ini dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya yang dikoordinatori oleh Bapak Junaidi H Said.

Calon Jamaah Haji tampak antusias dan memenuhi tempat pelayanan sejak pagi. Pelayanan Mobile Haji yang diikuti oleh 909 Calon Jamaah Haji ini berlangsung proses perekaman biometrik foto wajah dan perekaman sidik jari. Namun sebelumnya petugas harus memastikan bahwa semua berkas yang mereka gunakan sudah benar dan tidak ada persyaratan yang kurang.

Setelah dipastikan semua berkas lengkap dan tidak ada persyaratan yang kurang, mereka harus menunggu untuk proses selanjutnya. Tampak seluruh Calon Jamaah Haji tertib menunggu antrean untuk dilakukan proses perekaman data biometrik. Para petugas imigrasi telah memberikan petunjuk yang jelas terkait seluruh alur pembuatan paspor yang sedang berlangsung saat itu.

Dalam poses pengambilan data biometrik ada dua jenis kegiatan yang dilakukan yaitu pengambilan foto wajah dan sidik jari. Kegiatan ini  dilakukan oleh petugas imigrasi dan juga dibantu oleh para CASN agar proses pelayanan paspor dapat berlangsung dengan cepat. Sehingga para Calon Jamaah haji tidak harus menunggu terlalu lama.

Dalam proses pelayanan paspor di wilayah Kota Surabaya ini tidak ada kendala yang berarti dan semua proses berlangsung dengan lancar. Pada saat proses pelayana paspor ternyata masih banyak Calon Jamaah Haji yang masih tidak aware dengan keharusan menggunakan E-KTP dalam permohonan paspor. Sehingga masih banyak dari mereka yang meminta tambahan waktu untuk melengkapi berkas. Diharapkan dengan adanya Mobile Haji ini para Calon Jamaah Haji dapat terbantu terkait pelayanan pembuatan paspor dan juga segala kelengkapan berkas dapat segera dipenuhi agar proses penyelesaian paspor dapat selesai tepat waktu.