Thursday, June 21, 2018

PENCARIAN

Siaran Dialog Interaktif Luar Studio dengan tema “Mengurus Paspor Sesuai Aturan”

Senin, 5 April 2018 telah berlangsung acara Siaran Dialog Interaktif Luar Studio dengan tema “Mengurus Paspor Sesuai Aturan” dengan narasumber yaitu Bapak Agus yang juga merupakan perwakilan dari Ombudsman Jawa Timur dan juga Bapak Tarmin selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya.

Dalam acara dialog interaktif ini, dijelaskan bahwa saat ini permohonan paspor sudah tidak perlu datang pagi buta. Cukup dengan datang sesuai dengan jadwal yang telah dipilih dan membawa semua berkas yang dipersyaratkan.

Kepala kantor juga mengatakan bahwa persyaratan yang digunakan untuk permohonan paspor harus sesuai satu sama lain. Baik itu nama maupun tanggal lahir yang ada pada E-KTP, KK, dan Akta Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah. Dengan begitu proses permohonan paspor akan berjalan dengan lancar.

 

Jika ada perbedaan data harus segera diselesaikan. Bapak Tamin juga menjelaskan bahwa permohonan E-paspor untuk wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur  saat ini hanya ada di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. Namun saat ini aka nada rencana untuk membukan layanan e-paspor untuk Kantor Imigrasi Makassar, Manado, dan Denpasar.

 

Sebagai pemohon kita harus taat terhadap aturan. Jika memang dikatakan oleh petugas ada syarat yang kurang, segera lengkapi dan datang kembali untuk melakukan permohonan ulang. Petugas bukan membuat sulit, namun justru petugas memberikan kemudahan dengan memberikan anda saran yang baik untuk melakukan perubahan terhadap data anda.

Dalam dialog ini juga berlangsung sesi tanya jawab yang dijawab langsung oleh Bapak Agus dan Juga Bapak Tarmin. Ada salah satu pemohon yang menanyakan terkait pelayanan yang kita berikan yaitu ‘bagaimana cara melakukan cek status paspor dikarenakan pemohon berasal dari Tulungagung dan tidak memungkinkan untuk bolak-balik untuk kontrol status paspornya.’

Saat ini pelayanan yang diberikan oleh Kantor Imigrasi kelas I Khusus Surabaya sudah baik. Pemohon dapat menanyakan terkait status paspornya pada nomor WhatsApp 081330442586. Dengan nomor ini pemohon dapat menanyakan terkait segala hal baik itu paspor, syarat paspor hingga permohonan perpanjangan visa