Saturday, May 08, 2021

Search

EnglishIndonesia

Inovasi Pembangunan ZI

 

PINTU SI JUARA

(Penyajian Informasi Terpadu Imigrasi Juanda Surabaya)


PINTU SI JUARA (Penyajian Informasi Terpadu Imigrasi Juanda Surabaya) merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pintu Si Juara memuat data keimigrasian digital yang dihasilkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya yang dapat diakses oleh pihak ketiga. Aplikasi ini menjawab tingginya permintaan kebutuhan data keimigrasian oleh pihak ketiga. Pihak ketiga diberikan hak akses melalui token yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya. Layanan PINTU SI JUARA ini memberikan kemudahan akses data oleh pihak ketiga melalui PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara dinas/instansi terkait dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya. Untuk membuka aplikasi tersebut dapat membuka link.


MEDALI SI JUARA

(Media dan Layanan Informasi Imigrasi Juanda Surabaya)


Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya kembali membuat inovasi dalam memberikan informasi yang terbuka bagi pegawai yaitu layanan inovasi MEDALI SI JUARA (Media dan Layanan Informasi Imigrasi Juanda Surabaya). Inovasi ini merupakan wadah yang menampung aplikasi-aplikasi yang dapat diakses oleh pejabat struktural dan pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dimana saja berada. Beberapa aplikasi tersebut terdiri dari aplikasi Lampu Si Juara, APOA, PJTKA, Si Manis Juara, SIM Paspor, Aplikasi Persediaan, Pesan Si Juara, Lapor, Website Kanim Surabaya, Email, Webmail, Call Center, Call IT, IKM, SKM, serta media sosial yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Surabaya seperti Facebook, Twitter, Instagram Whatsapp, serta Youtube.

Layanan MEDALI SI JUARA (Media dan Layanan Informasi Imigrasi Juanda Surabaya) sangat memudahkan pejabat struktural dan pegawai dalam mencari informasi atau data terkait dengan kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya.

Seluruh pejabat struktural dan seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dapat mengakses link ini untuk membuka seluruh layanan informasi pada Medali Si Juara pada link.

 

LAMPU SI JUARA

(Layanan Informasi Terpadu Imigrasi Juanda Surabaya)

LAMPU SI JUARA (Layanan Informasi Terpadu Imigrasi Juanda Surabaya) merupakan salah satu inovasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Inovasi ini merupakan aplikasi yang di dalamnya terdapat elapbul yang dapat diakses oleh seluruh pejabat struktural dan seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya. Adanya layanan LAMPU SI JUARA ini mempermudah pejabat struktural dan pegawai dalam mencari data statistik kinerja keseluruhan kanim secara periodik serta pengambilan keputusan secara cepat dan akurat.

Layanan LAMPU SI JUARA dapat diakses oleh seluruh pejabat struktural dan seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya melalui link.

 

PESAN SI JUARA

(Pencatatan Saran dan Keluhan Imigrasi Juanda Surabaya)

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya kini sedang giat melalukan peningkatan pelayanan untuk mendukung tercapainya WBBM. Kantor yang dikenal dengan sebutan Imigrasi Juanda ini hadir dengan sebuah inovasi yaitu PESAN SI JUARA (Pencatatan Saran dan Keluhan Imigrasi Juanda Surabaya).

Sebagai kantor yang cukup besar dan luas cakupannya, inovasi ini pastinya akan membantu Kanim Surabaya untuk melakukan perbaikan pelayanan. Inovasi ini dimaksudkan agar semua pertanyaan, saran dan keluhan terhadap kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya yang disampaikan oleh masyarakat dapat dilakukan penanganan, rekapitulasi dan tindak lanjut oleh petugas terkait. Inovasi ini dihadirkan sebagai tolak ukur bahwa pelayanan kami sudah SANGAT BAIK. Untuk mengakses dapat membuka link.

 

SI MANIS JUARA

(Sistem Manifest Imigrasi Juanda Surabaya)

Dalam rangka meningkatkan efektivitas pencatatan data perlintasan serta data-data lain yang diperlukan seperti data deportasi, NTL (Not to Landing), penundaan keberangkatan, limited stay permit, penolakan kedatangan, kegiatan protokoler serta soft file manifest dan general declaration dari maskapai, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya membuat inovasi berupa aplikasi Sistem Manifest Imigrasi Juanda Surabaya (SI MANIS JUARA). Inovasi ini akan memudahkan pembuatan laporan dan memudahkan akses terhadap data-data diatas bagi pejabat struktural maupun pegawai yang memerlukan. Selain itu, inovasi ini akan mendorong kerjasama antara Imigrasi dengan maskapai berkaitan dengan data manifest dan general declaration yang dapat diakses secara elektronik.

Aplikasi ini dapat diakses oleh pejabat, pegawai serta petugas dari maskapai yang ditunjuk melalui link.

 

RUMAH SI JUARA

(Ruang Ramah Imigrasi Juanda Surabaya)

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya menghadirkan inovasi pelayanan dalam rangka memudahkan Warga Negara Asing (WNA) pemegang indeks VITAS untuk mendapatkan stiker ITAS online secara cepat saat mendarat di Bandar Udara Juanda Surabaya. Fasilitas khusus ini dilengkapi dengan sofa untuk menunggu, background merah untuk proses foto dan peralatan biometrik untuk pengambilan data biometrik. Kelebihan lain yang diberikan adalah WNA pemegang indeks VITAS tidak perlu mengantri bersama penumpang lain dalam pemeriksaan keimigrasiannya sehingga akan memudahkan dan mempercepat proses pengurusan ITAS online mereka.

Fasilitas khusus yang dinamakan Ruang Ramah Imigrasi Juanda Surabaya (RUMAH SI JUARA) ini diharapkan dapat menunjukkan keramahan dan dapat memberi kemudahan serta kejelasan layanan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya dalam melayani WNA pemegang indeks VITAS.

 

BICARA SEHARI

(Berita Acara Pemeriksaan Satu Hari)


Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan layanan Berita Acara Pemeriksaan Satu Hari (BICARA SEHARI). Layanan tersebut merupakan bentuk dari inovasi layanan dalam Berita Acara Pemeriksaan untuk Penggantian Paspor dikarenakan Rusak maupun Hilang, dilanjutkan dengan proses pengambilan biometrik dan wawancara hanya dalam tempo satu hari. Layanan ini dihadirkan kepada masyarakat dimulai pukul 08.00 s.d. pukul 12.00 WIB. Layanan ini sangat membantu pemohon paspor terutama bagi pemohon yang memiliki keperluan mendesak terkait permohonan paspor.


LANGSUNG PAMIT

(Layanan Pengambilan Paspor Kurang dari 5 Menit)

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya menghadirkan inovasi LANGSUNG PAMIT (Layanan Pengambilan Paspor Kurang dari 5 Menit) dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). LANGSUNG PAMIT merupakan layanan yang dihadirkan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik dan memberikan pelayanan prima berupa pengambilan paspor yang selesai dalam jangka waktu maksimal 5 (lima) menit. Apabila pelayanan yang diberikan lebih dari lima menit, akan diberikan kompensasi layanan berupa souvenir. Apabila terkendala sistem Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surabaya akan memberikan layanan berupa pengantaran paspor langsung ke alamat pemohon paspor.


PALING DITUNGGU

(Paspor Keliling di Hari Sabtu atau Minggu)


Dalam kontestasi untuk meraih WBBM, Kanim Kelas I Khusus TPI Surabaya memberikan inovasi yaitu “PALING DITUNGGU.” PALING DITUNGGU hadir untuk mendekatkan layanan Imigrasi dengan masyarakat yang memiliki aksesibilitas yang sulit.

Layanan PALINGDITUNGGU sendiri merupakan akronim dari Paspor Keliling Di Hari Sabtu dan Minggu. Dengan mengusung konsep mobil paspor keliling, layanan ini diharapkan akan mengakomodasi pemohon paspor yang berhalangan mengurus paspor pada hari kerja normal. Sistem antrian secara Walk-In di kantor Kecamatan yang ditunjuk di hari Sabtu atau Minggu. Kuota terbatas hanya 50 pemohon pertama.

Sebagai wujud komitmen mendukung pemerintah dalam penerapan fase Normal Baru (New Normal), Layanan #PALINGDITUNGGU tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Petugas dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD), penyediaan tempat cuci tangan, pemberian jarak antar pemohon, dan kewajiban penggunaan masker.


Information

wbbm.jpg